Rabu, 21 Desember 2011

organisasi keperawatan

Persatuan Perawat Nasional Indonesia
Organisasi ini lahir berdasarkan serangkaian perundingan beberapa tokoh tenaga keperawatan dari berbagai organisasi keperawatan yang berdiri sendiri. Dengan kesadaran pentingnya bersatu, maka pada tanggal 17 Maret 1974, mereka sepakat melaksanakan fusi menjadi Persatuan Perawat Nasional Indonesia yang disingkat menjadi PPNI.
PPNI didirikan pada tanggal 17 Maret 1974 yang kepengurusannya terdiri dari : 1 Pengurus Pusat PPNI berkedudukan di Ibu Kota Negara, 32 Pengurus PPNI Propinsi, 358 Pengurus PPNI Kabupaten/Kota dan lebih dari 2500 Pengurus Komisariat (tempat kerja) y ang menghimpun ratusan ribu perawat Indonesia baik yang berada di Indonesia maupun di Luar Negeri, saat ini sudah dibentuk INNA-K ( Indonesian National Nurses Association in Kuwait). PPNI, sejak Juni 2003 telah menjadi anggota 
ICN (International Council of Nurses) yang ke 125 dengan visi sebagai corong suara yang kuat bagi komunitas keperawatan dan berkomitmen tinggi untuk memberikan pelayanan/asuhan keperawatan yang kompeten, aman dan bermutu bagi masyarakat luas.
FUNGSI ORGANISASI :
  • Sebagai wadah tenaga keperawatan yang memiliki persamaan kehendak sesuai dengan jenis/profesi dan lingkungan kerja untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Mengemban, mengamankan dan membela Pancasila serta berorientasi pada program pembangunan manusia seutuhnya tanpa membedakan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menampung, memadukan, menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi tenaga keperawatan serta mengembangkan keprofesian dan kesejahteraan tenaga keperawatan.
Visi:
PPNI menjadi suara yang kuat bagi komunitas keperawatan dan komit terhadap pemberian asuhan keperawatan professional yang berkualitas bagi kepentingan masyarakat
Indonesian National Nurses Association (INNA) is a strong voice for nursing society and committed to the provision of quality professional nursing care in the public interest.
Misi:
  1. Memantapkan manajemen dan kepemimpinan Pengurus PPNI untuk mencapai suatu kepengurusan yang kokoh dan jejaring kerja yang pada semua tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Komisariat
    To achieve good governance and strong network at Central, Provincial, District/ Municipal, and Commissariat levels.
  2. Mendukung perawat/ners Indonesia dalam melakukan praktik keperawatan yang aman, kompeten dan professional bagi masyarakat
    To support Indonesian nurses in the provision of safe, competent, professional nursing for the people.
  3. Membuka pintu gerbang dunia bagi perawat Indonesia melalui kompetensi global yang dimiliki
    To be the gateway to regional and international nursing standard.
Sebagai asosiasi profesional yang berorientasi pada kebutuhan kesehatan masyarakat, yang terrefleksi pada tujuan dan objektif PPNI yang berdasarkan Kunci daerah Hasil tertang dalam Rencana Bisnis PPNI :
  1. Mengokohkan Peraturan Praktek Keperawatan dan Fungsi dari Konsul Keperawatan untuk melindungi masyarakat
  2. Persatuan dan Komitemen Perawata dengan kepemimpinan yang kuat untuk membawa perubahan dalam Pelayanan dan Pendidikan Keperawatan
  3. Membentuk sistem penghargaan dan Professional Career Ladder untuk perawat yang didukung oleh Sistem Pendidikan Keperawatan Berkelanjutan
  4. Pusat Sistem Informasi Indonesia
  5. Pengembangan kinerja organisasi profesional dengan Dewan Pengurus Pusat yang kuat
  6. Pengembangan misi sosial dan citra profesi perawat
International Council of Nurses
International Council of Nurses [ICN] atau Konsil Keperawatan Internasional [KKI] adalah sebuah federasi yang beranggotakan asosiasi-asosiasi perawat nasional [NNAs] dari 133 negara di dunia dan merupakan representasi dari jutaan perawat di seluruh dunia. ICN bekerja sama dengan asosiasi-asosiasi yang menjadi anggotanya terkait berbagai issue penting pada profesi keperawatan.

ICN tidak memiliki keanggotaan secara perseorangan. Para perawat yang telah terdaftar dalam asosiasi perawat nasional dari suatu negara secara otomatis terdaftar juga sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari ICN. Misi ICN adalah sebagai representasi dari profesi perawat dalam tatanan internasional dan terlibat secara aktif dalam mempengaruhi kebijakan kesehatan di seluruh dunia. ICN bekerja dalam tiga [3] area program utama, yang dikenal sebagai Pilar ICN, yaitu: Praktik Keperawatan Profesional, Regulasi, dan Kesejahteraan Sosial Ekonomi. Ketiga Pilar ICN tersebut berfokus pada tujuan untuk memperbaiki kesenjangan yang masih terjadi dalam area keperawatan dan kesehatan. Kode Etik ICN merupakan dasar pijakan bagi Kode Etik asosiasi perawat nasional dari seluruh dunia.
ICN bekerja dalam banyak area, terutama dalam memberikan panduan dalam Praktik Keperawatan Profesional, Perumusan Regulasi, dan peningkatan Kesejahteraan Sosial Ekonomi pada berbagai negara di dunia, terutama yang berkaitan dengan Standar Keperawatan dan Kebijakan dalam Keperawatan dan Kesehatan di manca negara. ICN menyediakan publikasi dalam skala yang luas terkait issue-issue terkini dan kebijakan-kebijakan yang diambil organisasi bagi anggotanya secara gratis.
Setiap tahun ICN mempublikasikan dan mendiseminasikan seperangkat media untuk dipergunakan dalam peringatan Hari Perawat Sedunia [The International Nurses' Day Kit] yang dilaksanakan secara serentak diberbagai belahan dunia setiap tanggal 12 Mei. ICN memiliki project penting terkait Praktik Keperawatan Profesional dan Kesejahteraan Sosial Ekonomi, seperti Leadership for Change, ICNP®, Negotiation in Leadership, yang terus dijalankan di Amerika Latin, Karibia, Asia Pasifik, dan Afrika. ICN juga merupakan jembatan penghubung bagi jaringan perawat di seluruh dunia. ICN juga memberikan pelayanan kepada anggotanya dalam rangka sharing pengetahuan, pengalaman, maupun ide bagi Profesional Perawat dari berbagai negara di dunia.
Selain itu dengan menekan link yang relevan pada website ICN, para anggota ICN dapat bergabung juga dengan Jejaring Regulasi, Jejaring Riset, dan Jejaring Praktik Keperawatan tahap Lanjut. Anggota ICN dapat pula bekerja sama dalam berbagai project survey ICN atau bergabung dalam forum-forum diskusi pada Bulletin Board di website ICN.
ICN beralamat di: 3 place Jean Marteau CH 1201 Geneva, Switzerland Telephone : + 41 22 908-0100 Fax : + 41 22 908-0101 Email : icn@icn.ch
Pengurus ICN Periode 2004 – 2009 terdiri dari: Presiden: Hiroko Minami (Jepang) Wakil Presiden 1: Franz Wagner (Jerman) Wakil Presiden 2: Rosemary Bryant (Australia) Wakil Presiden 3: Philda Nzimande (Afrika Selatan) Anggota Pengurus: Edith Allwood Anderson (Jamaika) Dulce Dirclair Huf Bais (Brazil) Beatriz Carvallo Suarez (Kolombia) Rudolph Cini (Malta) Anna Karin Eklund (Swedia) William Holzemer (Amerika Serikat) Euisook Kim (Korea) Veronika Pretnar Kunstek (Slovenia) Yves Mengal (Belgia) Julita Sansoni (Italia) Teresa J. C. Yin (Taiwan)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar